Analisis Maharah Qira'ah



القاضى العادل
أراد أحمد أن يذهب إلى مكة لأداء الحج، فجمع ماله وكان دنانير من الذهاب. وضع أحمد تلك الدنانير الذهابية في كيس وذهب إلى أحد التجار وطلب منه أن يحفظ له الكيس، إلى أن يعود من مكة.
أدى أحمد فريضة الحج ثم طابت له الحياه في مكة، فمكث فيها سبع سنوات، عاد بعدها سعيدا إلى بلده. ذهب إلى التاجير وطلب منه الكيس. سلّم التاجر أحمد كيسه. فشكره أحمد على أمانته. فتح أحمد الكيس في البيت. لقد أخذ التاجر الدنانير الذهابية ووضع بدلا منها الدراهم الفضية. لقد خان التاجر الأمانة. عاد أحمد إلى التاجر وسأله عن الدنانير الذهابية، فأجبه التاجر، بأنه لم يفتح الكيس ولم يأخذ منه شيئا.
ذهب أحمد إلى القاضى وأخبره بالقصة. استدعى القاضى التاجر وسأله عن الحقيقة. أخبر التاجر القاضى باستلام الكيس، منذ سبع سنوات، ولكنه قال: إنه لم يفتحه ولم يأخذ منه شيئا.
فتح القاضى الكيس وفتش الدراهم الفضية واحدا فواحدا، كانت الدراهم تلمع وقد كتب عليه. أنها مصنوعة قبل أربع سنوات. عرف القاضى الحقيقة. لقد خان التاجر الأمانة. قال القاضى للتاجر: "لقد خنت الأمانة، هذه الدراهيم مصنوعة قبل أربع سنوات والدنانيرالذهبية عندك مند سبع سنوات و قد قال الله : " إن الله يأمركم إن تأدوا الأمانة إلى أهلها و إذا حكمتم بين الناس أن تحكموا بالعدل.
اعترف التاجر للقاضي بالحقيقة، وأعاد الدنانير لأحمد، شكر أحمد القاضي و عاد إلى بيته سعيدا، يحمل كيس الذهب.





HAKIM YANG ADIL
          Ahmad ingin pergi ke Mekkah untuk menunaikan ibadah haji, maka dia mengumpulkan hartanya yang berupa uang dinar emas. Ahmad meletakkan uang dinar emas itu didalam dompet dan pergi ke salah satu pedagang dan meminta kepadanya untuk menjaga dompet tersebut sampai dia kembali dari Mekkah.
            Ahmad melaksanakan kewajiban haji kemudian memperbaiki kehidupannya di Mekkah, kemudian ia menetap di Mekkah selama tujuh tahun, Ahmad kembali ke negaranya dengan bahagia. Ahmad pergi ke pedagang dan dia meminta dompet  yang telah dititipkannya. Pedagang menyerahkan dompetnya kepada Ahmad. Maka Ahmad berterima kasih atas amanah yang telah ia berikan. Ahmad membuka dompetnya di rumah. Ternyata pedagang tadi sungguh berkhianat, dia telah mengambil dinar emas dan menggantinya dengan dirham perak. Pedagang tadi sungguh telah berkhianat atas amanah yang diberikan oleh Ahmad. Ahmad kembali kepada pedagang dan bertanya kepadanya tentang dinar emas miliknya, maka pedagang menjawab: sesungguhnya aku tidak membuka dompet dan mengambil sesuatu yang ada didalamnya.
            Ahmad pergi kepada hakim dan mengabarkan kejadian tersebut. Hakim memanggil pedagang dan bertanya kepadanya tentang kebenaran. Kemudian pedagang mengabarkan bahwa ia telah menerima dompet sejak tujuh tahun yang lalu, akan tetapi ia berkata: Sesungguhnya dia tidak mengambil dinarnya Ahmad dan juga tidak mengambil sesuatu yang ada di dalam dompet.
            Hakim membuka dompet dan memeriksa dirham perak satu persatu, ternyata dirhamnya bersinar dan tertulis bahwasanya dirham itu terbuat sebelum empat tahun yang lalu. Dari sini hakim tahu kebenarannya. Pedagang benar-benar berkhianat atas amanahnya. Hakim berkata kepada pedagang: Kamu sungguh telah berkhianat, dirham ini terbuat sebelum empat tahun yang lalu dan dinar emas tadi sudah ada sejak tujuh tahun yang lalu. Allah berfirman: “Sesungguhnya Allah memerintahkan untuk melaksanakan amanah kepada orang yang berhak, dan mengadili diantara manusia dengan penghakiman yang adil”. Dan pedagang tadi mengaku kepada hakim atas kebenaran, dan dia mengembalikan dinarnya kepada Ahmad, Ahmad berterima kasih kepada hakim dan dia kembali ke rumahnya dengan bahagia, karena dengan membawa dompet yang berisikan emas.


المعنى في اللغة العربية
المعنى في اللغة الإندونسية
المفردات
القاضى هو شخص الذي يأدي أن يحكم بالعدل
مردفه حاكم
Hakim
القاضى
مرادفه أمتعة أو نقود
Harta
مال
مردفه استوفى
Meletakkan
وضع
هو شخص الذي يعمل في السوق مثلا
Pedagang
تاجر
مردفه فحص – يفحص
Memeriksa
فتش
ضاده أجب – يوجب
Bertanya
سأل –يسأل
هو الحسون طاىْر من العصافير
Dinar Emas
الدنانير الذهابية
مردفه التزم – يلتزم
Kewajiban
فريضة
مردفه لبث – يلبث
Menetap
مكث
يشعر فرحا
Bahagia
سعيدا
هو الذي المكان ليسكن مع أسرتنا
Rumah
بيت
هو الذي المكان لإحفظ المال أو النقود
Dompet
كيس
مردفه تألق
Bersinar
تلمع
هو الذي المكان لأداء الحج
Mekkah
مكة
هو الذي أحد من أركان الإسلام في مستوى الخامسة أو أنواع من أركان الإسلام
Haji
حج
مردفه صديقة
Kebenaran
حقيقة


أرادَ أحمدُ أنْ يذهبَ إلى مكةَ لأداءِ الحجِ، فجمعَ مالَه وكان دنانيرَ من الذهابِ. وضع أحمدُ تلك الدنانيرَ الذهابيةَ في كيسٍ وذهبَ إلى أحدِ التجارِ وطلبَ منهٌ أنْ يحفظَ له الكيسَ، إلى أنْ يعودَ مِنْ مَكَّةَ.
اعرب
أرادَ                : فعل الماضى من أراد- يريد            جملة الفعلية
أحمدُ             : فاعل
أنْ               : أحد من عامل نواسخ                 نصب الفعل المضارع
يذهبَ           : فعل المضارع
إلى               : حرف الجر
مكةَ              : اسم غير منصرف
لِ                : حرف الجر         
أداءِ              : فعل الماضى          جر مجرور
الحجِ              : اسم
فَ               : الفاء الزيادة
جمع              : فعل الماضى
مَالَهُ                        : اسم، ولكن يُقرأ الفتحة في "الام" لأنه مفعول
وَ                           : حرف العطف
كان                        : أحد من عامل نواسخ أو فعل ناقص
دنانير من الذهاب    : اسم كان
وضع                  : فعل الماضى             جملة فعلية
أحمد                   : فاعل
تلك                    : اسم الإشارة
الدنانير الذهابية        : الإضافة / نعت منعوت
في                      : حرف الجر       جر مجرور
كيس                   : اسم
ذهب                   : فعل الماضى                 
إلى                      : حرف الجر
أحد                    : عدد                              جر مجرور
التجار                  : اسم وجمع التكسير من تجار
طلب                  : فعل الماضى
منه                   : المفعول من أحد التجار
أن                    : أحد من عامل نواسب        نصب الفعل المضارع
يحفظَ                 : فعل المضارع
الكيسَ               : اسم (المفعول الثاني)
إلى                  : حرف الجر
أنْ                  : أحد من عامل نواسب          نصب الفعل المضارع
يعودَ                : فعل المضارع
مِنْ                 : حرف الجر
مكةَ                : اسم غير منصرف
    

أدى أحمد فريضة الحج ثم طابت له الحياه في مكة، فمكث فيها سبع سنوات، عاد بعدها سعيدا إلى بلده. ذهب إلى التاجير وطلب منه الكيس. سلّم التاجر أحمد كيسه. فشكره أحمد على أمانته. فتح أحمد الكيس في البيت. لقد أخذ التاجر الدنانير الذهابية ووضع بدلا منها الدراهم الفضية. لقد خان التاجر الأمانة. عاد أحمد إلى التاجر وسأله عن الدنانير الذهابية، فأجبه التاجر، بأنه لم يفتح الكيس ولم يأخذ منه شيئا.


TERJEMAHAN
Ahmad melaksanakan kewajiban haji kemudian memperbaiki kehidupannya di Mekkah, kemudian ia menetap di Mekkah selama tujuh tahun, Ahmad kembali ke negaranya dengan bahagia. Ahmad pergi ke pedagang dan dia meminta dompet  yang telah dititipkannya. Pedagang menyerahkan dompetnya kepada Ahmad. Maka Ahmad berterima kasih atas amanah yang telah dia berikan. Ahmad membuka dompetnya di rumah. Ternyata pedagang tadi sungguh berkhianat, ia telah mengambil dinar emas dan menggantinya dengan dirham perak. Pedagang tadi sungguh telah berkhianat atas amanah yang diberikan oleh Ahmad. Ahmad kembali kepada pedagang dan bertanya kepadanya tentang dinar emas miliknya, maka pedagang menjawab: sesungguhnya aku tidak membuka dompet dan mengambil sesuatu yang ada didalamnya.
AFIFA NUR AZIZA
14150075
 KELAS Dk (Maharah Qiro’ah I)


Komentar
          Dari teks yang sudah saya presentasikan dengan tema hakim yang adil  القاضى العادل   menurut saya sudah cukup baik dan kosa kata yang ada diteks juga mudah untuk difahami. Jika dilihat dari tarkibnya pun teks ini konsisten diawali dengan jumlah fi’liyah, yang mana jumlah fi’liyah itu terdiri dari susunan fi’il dan fa’il dan jenis fi’ilnya yakni fi’il madhi.
            Disisi lain teks ini memiliki pesan yang sangat penting yaitu jika suatu ketika kita diberi amanah maka lakukanlah amanah tersebut dengan baik dan jangan sekali-kali berani untuk mendustakannya karena pesan ini juga termaktub dalam Al-Qur’an yang berbunyi Allah berfirman:
" إن الله يأمركم إن تأدوا الأمانة إلى أهلها و إذا حكمتم بين الناس أن تحكموا بالعدل    
Artinya: “Sesungguhnya Allah memerintahkan untuk melaksanakan amanah kepada yang berhak dan menghakimi diantara manusia dengan penghakiman yang adil.”

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Evaluasi Pembelajaran beserta Butir-Butir Soal Maharah Kitabah

Evaluasi Pembelajaran beserta Butir-Butir Soal Maharah Qira'ah

Evaluasi Pembelajaran beserta Butir-Butir Soal Maharah Istima'