Evaluasi Pembelajaran beserta Butir-Butir Soal Mufrodat



BAB II
PEMBAHASAN

A.    Pengertian Mufrodat
Kosakata atau dalam bahasa arab disebut mufrodat dalam bahasa inggrisnya vocabulary adalah himpunan kata atau khazanah kata yang diketahui oleh seseorang atau entitas lain, atau merupakan bagian dari suatu bahasa tertentu. Kosakata seseorang didefinisikan sebagai himpunan semua kata-kata yang dimengerti oleh orang tersebut dan kemungkinan akan digunakannya untuk menyusun kalimat baru. Kekayaan kosakata seseorang secara umum dianggap merupakan gambaran dari intelejensia atau tingkat pendidikannya.
Menurut Horn, kosakata adalah sekumpulan kata yang membentuk sebuah bahasa. Peran kosakata dalam menguasai empat kemahiran berbahasa sangat diperlukan sebagaimana yang dinyatakan Vallet adalah bahwa kemampuan untuk memahami empat kemahiran berbahasa tersebut sangat bergantung pada penguasaan kosakata seseorang. Meskipun demikian pembelajaran bahasa tidak identik dengan hanya mempelajari kosakata. Dalam arti untuk memiliki kemahiran berbahasa tidak cukup hanya dengan menghafal sekian banyak kosakata.
Jadi, dapat disimpulkan bahwa kosakata merupakan kumpulan kata-kata yang membentuk bahasa yang diketahui seseorang dan kumpulan kata tersebut akan ia digunakan dalam menyusun kalimat atau berkomunikasi dengan masyarakat. Komunikasi seseorang yang dibangun dengan penggunaan kosakata yang tepat dan memadai menunjukkan gambaran intelejensia dan tingkat pendidikan si pemakai bahasa
B.    Pengertian Pembelajaran Mufradat
Pembelajaran mufrodat adalah usaha agar siswa mampu menguasai mufrodat, menerjemahkannya dan mampu menggunakannya dalam jumlah (kalimat) yang benar. Siswa tidak tuntut hanya hafal mufrodat yang diberikan akan tetapi siswa mampu mengaplikasikannya dalam berkomunikasi baik lisan maupun tulisan.
Menurut Ahmad Djanan Asifuddin, pembelajaran kosakata (al-mufradât) yaitu proses penyampaian bahan pembelajaran yang berupa kata atau perbendaharaan kata sebagai unsur dalam pembelajaran bahasa Arab
C.    Tujuan Pembelajaran Mufradat
Setelah kita mengenal apa itu mufrodat maka kira - kira apa tujuan kita mempelajarinya, berikut tujuan dari mempelajari mufrodat:
1.     Menambah perbendaharaan kosakata baru
Dengan mempelajari mufrodat paling tidak kita mempunyai tabungan perbendaharaan bari yang bisa kita keluarkan ketika kita butuh untuk menyusun sebuah kalimat yang sempurna.
2.     Melatih melafalkan dengan baik dan benar
Dengan belajar kosa kata kita akan tau cara melafalkannya secara baik dan benar dari segi makhorijul huruf dan panjang pendeknya sekiranya dapat di mengerti oleh yang mendengarkan.
3.     Memahami kosakata baru baik secara denotasi maupun konotasi
Jauh dari itu kita dapat  memahami arti kata yang sebelumnya tidak pernah kita tau baik arti secara denotasi atau konotasinya. Sehingga kita tidak tertipu dengan adanya satu kata banyak arti atau sebaliknya.
4.     Mampu merangkainya menjadi suatu bahasa lisan atau tulisan
Pada taraf yang lebih matang adalah kita mampu mengaplikasikannya dalam sebuah bahasa lisan atau tulisan dengan pemilihan kata yang tepat dan tersusun,se hingga tercipta bahasa yang mudah di paham dan tulisan yang mudah di mengerti.


TES KEMAMPUAN MUFRODAT

D.    Macam-macam Bentuk Soal
Terdapat banyak model yang dapat disajikan dalam tes mufradat, diantaranya adalah:
1.     Pengertian ( ( التعريف
Dalam bentuk soal ini guru menyajikan beberapa pengertian kepada peserta didik yang digunakan untuk menjelaskan kosakata yang telah digaris bawahi. Fungsi dari bentuk soal ini adalah memberi stimulus kepada siswa untuk mencari mufradatnya.   Tes ini disajikan untuk jenjang mutawassith.
المثال: اختر التعريف الصحيح للكلمة التي تحتها خط. 
1) أذهب إلى المدرسة في الساعة السادسة صباحا. الكلمة التي تحتها خط هي مكان......؟
أ- مكان للدراسة
ب- مكان للتسوّق
ج- مكان للعب
الإجابة: (أ) مكان للدراسة
2)  محمد يصلى الظهر في المسجد. الكلمة التي تحتها خط هي مكان....؟
أ- مكان للأكل
ب- مكان للصلاة
ج- مكان للنوم
الإجابة: (ب) مكان للصلاة
3) أمّي طبيبة،هي تعمل في المستشفي. المعنى من الكلمة تحتها خط هي.....؟
أ- شخص الذى يفحص المريض
ب- شخص الذي يعلم الطلاب
ج- شخص الذي يبيع الملابس
الإجابة: (أ) شخص الذى يفحص المريض
2.     Melengkapi ( التكملة )
Dalam bentuk soal ini peserta didik diintstruksikan untuk mengisi titik-titik dengan kosa kata yang sesuai. Fungsi dari bentuk soal ini, untuk mengukur kemampuan siswa dalam penggunaan mufradat sesuai konteks.  Tes ini disajikan untuk tingkat mutawassith, karena tingkat kesukarannya tergolong sedang.

املأ الفراغ بوضع الكلمة الأنسب مما يلي!
 1) أبي..... هو يعمل في الطريق
أ- طبيب
ب- شرطي
ج- مدرس
الإجابة: (ب) شرطي

2) ذهب محمد إلي..... ليتوضأ
أ- المطبخ
ب- غرفة الجلوس
ج- الحمام
الإجابة: (ج) الحمام

3) صد يقي أمنة ..... في شركة
أ- موظف
ب- مدرس
ج- طبيب
الإجابة: (أ) موظف
3.     Sinonim ( المرادف )
Bentuk soal ini berisikan pertanyaan tentang sinonim dari sebuah kosa kata. Fungsinya adalah untuk mengukur kemampuan peserta didik dalam penguasaan persamaan kata. Bentuk tes ini dapat disajikan dalam tingkat mubtadi’ dan mutawassith, tergantung dari tingkat kesukaran mufradat yang disajikan.
المثال: اختر الكلمة المرادفة (تقريبا) الكلمة التي تحتها خط في كل جملة
1.   جاء الأستاذ إلى الفصل
 أ )  حضر
ب ) ذهب
ج ) رجع
الجواب: (أ) حضر
2.  علي يدرس في الجمعة أم القرى (....)
3.  أنا أستطيع أن أتكلم باللغة العربية (....)
4.  اجتمع المسلمون في المسجد(.....)
الجواب:  يتعلم، أتحدث، احتفل
4.     Antonim ( المضاد )
Bentuk soal ini berisikan pertanyaan tentang antonym dari sebuah kosa kata. Fungsinya adalah untuk mengukur kemampuan peserta didik dalam penguasaan lawan kata. Bentuk tes ini dapat disajikan dalam tingkat mubtadi’ dan mutawassith, tergantung dari tingkat kesukaran mufradat yang disajikan.
المثال: اختر الكلمة التي تعطي عكس المعنى تقريبا الكلمة التي تحتها خط
1. السوق قريب من بيتي
ا) جانب
ب) بعيد
ج) زاوية
الجواب: (ب) بعيد
1.   الفصل كبير (.....)
2.   الحديقة  واسعة (......)
3.   الماء كثير (........)
4.   السيارة غالية (......)
الجواب:  صغير، ضيق، قليل، رخيص
5.     Kumpulan kata yang berkaitan ( مجموعة الكلمات ذات العلاقة )
Bentuk tes ini merupakan instrumen untuk mengetahui sejauh mana pemahaman peserta didik terhadap kata-kata yang saling berkaitan. Dalam pembagianya sendiri tes ini terdiri dari tiga macam bentuk soal, yaitu:

a.    Jenis pertama
Jenis soal ini berisi kan sebuah kata yang meiliki hubungan atau kaitan dengan kata-kata yang dijadikan pertanyaan. Contohnya:


ضع خطاً تحت الكلمة التي لها علاقة بالكلمات في المجموعة!
غرفة النوم    1.     السرير           مغرفة            المنبع
مدرس         2.     فصل            فراش            مرمى
مستشفى      3.     كرة             طبيب           سفينة  

Fungsi : 1. Mengetahui pemahaman peserta didik dalam mengaitkan kata.
            2. Mengetahui pemahaman peserta didik dalam mengartikan mufrodat.

b.   Jenis kedua
Pada jenis soal ini, peserta didik diarahkan untuk menjawab dan menganalisis hubungan dari beberapa kata yang menunjukan suatu tempat atau sesuatu dengan menggunakan sebuah kata sebagai jawaban. Contohnya:
اكتب في الفراغ كلمة واحدة تشير إلى مجموعة الكلمات التالية:
أ   ) مربّع             مثلّث            مستطيل        ......................
ب ) أبيض           أحمر             أخضر           ......................
ج ) تفاح            برتقال           تمر               ......................
الجواب      : أ ) أشكال            ب) ألوان                ج) فواكه

Fungsinya untuk mengetahui pemahaman siswa tentang nama suatu tempat atau suatu barang dengan petunjuk beberapa kata yang dikumpulkan.

c.    Jenis ketiga
Jenis soal terakhir ini mengacu kepada pemahaman peserta didik tentang kata yang tidak berhubungan dengan kata yang lainya. Contohnya:
ضع خطاً تحت الكلمة (الاذة) التي ليس لها علاقة ببقية الكلمات في المجموعة 
1.   أب                 أم               فلاح            ابن
2.   أرنب               جمل             إبل              ياسمين
3.   ماء                 مغرفة            صابون          سرير
4.   فرن                 كتاب          سكين           ثلاجة

Fungsinya untuk mengetahui pemahaman peserta didik melalui kemampuan menganalisa ketidak cocokan pada kata-kata.
Catatan    : Dari ketiga jenis soal kumpulan kata-kata yang berkaitan diatas, dapat disimpulkan bahwasanya tujuan soal ini untuk mengukur pemahaman peserta didik terhadap kaitan sebuah kata dengan lainya.
Tingkat kesulitanya pun dapat diubah sesuai dengan tingkat atau kelas yang di tempati oleh para peserta didik.
6.     Melengkapi Paragraf ( المواءمة )
Dalam bentuk soal ini, peserta didik diminta untuk mengisi paragraf yang kosong dengan beberapa mufradat yang sesuai dan telah disediakan. Tes ini berfungsi untuk mengukur tingkat penguasaan mufradat peserta didik. Dapat disajikan untuk tingkat mutawassith. Terdapat banyak cara untuk menyajikan contoh  dari bentuk ini, dan yang paling diutamakan adalah sebagai berikut:
مثال ( أ ) : اكتب الكلمة الصحيحة مما يلي بجانب الرقم المناسب في دفتر الإجابة.
استعمل الكلمة الصحيحة مرة واحدة فقط.
1.   الكلمات: يستيقظ – المسجد – بالحافلة -  مبكرا – صحيفة – الكبير – يقرأ – بعد
يستتيقظ أحمد (1..............) عند الفجر. يصلى الفجر في (2...........). أحمد لا ينام (3.........) صلاة الفجر . هو (4............) القرأن. يذهب إلى المدرسة (5............) الساعة السابعة. يوم العطلة، (6........) مبكرا أيضا. يوم الجعة في الصباح، يقرأ (7......) أو كتابا، ويصلىل الجمعة في المسجد (8.........)
الجواب: (1) مبكرا (2) المسجد (3) بعد (4) يقرأ (5) بالحافلة (6) يستيقظ  (7) صحيفة (8) الكبيرة
2.   الكلمات: طالبة – شقة – طبيبة – تدرس – المختبر – الصباح – بعيدة – تذهب  
أختي مريم (1......) في جامعة دمشق. جامعة دمشف في سوريا. مريم (2.......) في كلية الطب، وستكون (3.......)، إن شاءالله. تسكن مريم مع الأسرة في (4.......). الشقة (5.............) عن الجامعة،و (6.......) إلى الجامعة بالحافلة . مريم تدرس في (7..... ) و المساء، و تذهب إلى المكتبة و (8........)
الجواب : (1) طالبة (2) تدرس (3) طبيبة (4) شقة (5) بعيدة (6) تذهب (7) الصباح (8) المختبر
3.   مساء – درجة الرارة  ( ْ37) – طبيب الصدر – بممارسة الراياضة – بألم
ذهب أحمد إاى المستشفى قبل ساعة، ليقابل (1.........) . موعده الساعة الرابعة (2.....). هو يشعر (3....) في قلبه، و عنده ارتفاع في (4.........) . قابل أحمد الطبيب فقال له : القلب سليم والحمدلله ، و نصحه ( 5.....)
الجواب: (1) طبيب الصدر (2) مساء (3) بألم  (4) درجة الحرارة (ْ37)  (5) بممارسة الرياضة
7.     Membentuk ( التكوين )
Pada jenis soal ini peserta didik diinstruksikan untuk menyusun huruf-huruf yang tersedia menjadi satu kata yang sempurna. Tes ini berfungsi untuk mengukur dan menstimulus penguasaan mufradat peserta didik.  Bentuk soal ini dapat disajikan untuk tingkatan mubtadi’ karena menyerupai permainan.
مثال: أعد ترتيب الحروف أدناه لتكون كلمات لها معنى.
ص ل ف                        ................
ة ر د و                           ................
ا م ج ة ع                       ................
ب ا و س ح                     ................
م س و ق ا                      ................
8.     Penggunaan kata dalam suatu kalimat ( الاستعمال )
Pada bentuk soal ini peserta didik disajikan kosa kata, dan diinstruksikan untuk menggunakan kosa kata yang tepat dalam menjelaskan makna dari suatu kalimat. Fungsi bentuk soal ini adalah untuk mengukur kemampuan siswa dalam penggunaan mufrodat sesuai konteks, dan disajikan untuk peserta didik tingkat mutawassith.  
إستعمل كل كلمة من الكلمات التالية في جملة لتوضيح معنها
 1) أشتري القلم في....
أ- الدكان
ب- الصيدلية
ج-المطعم
الإجابة: (أ) الدكان
 2) أذهب إلى ..... ليصلى الظهر
أ-المدرسة      
ب-المسجد
ج-المستشفي
الإجابة: (ب) المسجد
3) أنا ...... في الجامعة
أ- أتعلم
ب- أسكن
ج- أنام
الإجابة: (أ) أدرس
 4) خليل ..... القرأن بعد صلاة الصبح
أ-  يكتب
ب-  يكنس
ج-  يقرأ
الإجابة: (ج) يقرأ
                 5) أحب الحليب لأن.....لذيذ                                                     
أ- طعمه
ب- شكله
ج- لونه
الإجابة: (أ) طعمه
9.     Gambar ( الصور )
Adapun pada bentuk soal ini, peserta didik diminta untuk memilih salah satu kosa kata yang sesuai dengan gambar yang disajikan.
Fungsi dari soal ini dalah untuk  mengukur  kemampuan siswa dalam penerapan mufrodat dalam kehidupan sehari-hari. Tes ini dapat disajikan untuk peserta didik tingkat mubtadi’ dan mutawassith.

 إختر الإجابة الصحيحة التي تناصب مع الصورة !
 1 )أنظر إلى الصورة !  ماذا  تفعل؟       
ا-تجلس
ب-تقرء الجريدة
ج-تطبخ في المطبخ     
 الإجابة: (ج) تطبخ في المطبخ                      

  2) أنظر إلى الصورة ! من هو؟                                                                                  
  أ-هي سائقة
ب-هي تلميذة
ج-هي مهندسة
الإجابة: (ب) هي تلميذة
                                
  3) أنظر إلى الصورة ! من هو؟
أ-هومدرسه
ب- هومهنة
ج-هو طبيب
الإجابة: (ج) هو طبيب   
                                         
4) أنظر إلى الصورة ! ماذ يفعل؟
أ-يشاهد التلفاز
ب-ينام  أمام التلفاز
ج-يصلى
الإجابة: (ج) يصلى


5) أنظر إلى الصورة !  من هو ؟
أ- مدرس
ب- بواب
ج-شرطي
 الإجابة: (ج) شرطي

BAB III
PENUTUP
A.   Kesimpulan
Pembelajaran mufrodat merupakan usaha agar siswa mampu menguasai mufrodat, menerjemahkannya dan mampu menggunakannya dalam jumlah (kalimat) yang benar. Terdapat beberapa tujuan dalam mempelajari mufradat, seperti menambah pembendaharaan kosa kata, memahami kosa kata baik secara konotasi dan denotasi dan mampu merangkainya menjadi suatu bahasa lisan atau tulisan. Dalam pembelajaran mufradat, terdapat beberapa macam bentuk soal yang dapat disajikan kepada peserta didik, yaitu dalam bentuk ta’rif, takmilah, muradif, mudlad, kumpulan kata yang berkaitan, muwa’amah, takwin, isti’mal, dan shurah. Peserta didik dapat dikelompokkan menjadi tiga tingkatan, yaitu tingkat mubtadi’, mutawassith, dan mutaqaddim. Jadi, dalam pembelajaran mufradat, seorang pendidik ketika memberikan tes harus menyesuaikan tingkat kemampuan peserta didik, agar soal yang disajikan relevan dengan materi yang telah dipelajari peserta didik.

B.    Saran
Karena kurangnya wawasan dan literatur dalam penyusunan makalah ini, penulis sangat mengharapkan kritik maupun saran yang bersifat membangun demi penyusunan makalah maupun karya-karya berikutnya dan semoga makalah ini dapat bermanfaat khusunya bagi penulis maupun umumnya bagi seluruh pembaca. Karena kesempurnaan sesungguhnya hanyalah milik Allah SWT.



DAFTAR PUSTAKA
Mustofa, Syaiful. Strategi Pembelajaran Bahasa Arab Inovatif, Malang:UIN Press,2011
Effendy, Ahmad Fuad, Metodologi Pengajaran Bahasa Arab, Misykat Malang: Percetakan Nuansa Jogjakarta,2005
Muhammad, Abdul Khaliq, ikhtibarat al-lughah, Riyadh: univ. Malik Suud, 2000
Burhan, Nurgiyantoro. Penilaian dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra, Yogyakarta: BPFE, 2001

                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                           

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Evaluasi Pembelajaran beserta Butir-Butir Soal Maharah Kitabah

Evaluasi Pembelajaran beserta Butir-Butir Soal Maharah Qira'ah

Evaluasi Pembelajaran beserta Butir-Butir Soal Maharah Istima'